Hal Yang Bisa Menyebabkan Kualitas Sperma Yang Buruk

Hal Yang Bisa Menyebabkan Kualitas Sperma Yang Buruk

Satu faktor yang menentukan kesuburan pria adalah kualitas spermanya. Untuk mengetahui seberapa bagus kualitas sperma seorang pria, harus melalui pemeriksaan laboratorium dan ditangani oleh dokter dibidangnya.

Sperma dikatakan berkualitas jika memenuhi beberapa syarat tertentu. Sperma yang berkualitas akan dapat membuahi sel telur dan menyebabkan kehamilan.

Namun sayangnya, gaya hidup pria dijaman sekarang cenderung kurang baik dan menyebabkan penurunan kualitas sperma. Mulai dari pola makan sehari-hari hingga kebiasaan yang secara tidak langsung bisa menyebkan kualitas sperma buruk. Alhasil, banyak pasangan suami istri yang sudah menikah bertahun-tahun namun belum memiliki momongan.

Nah, biar lebih jelas, dalam artikel ini kami akan berikan beberapa hal yang bisa menyebabkan kualitas sperma menurun. Apa saja itu ?

  1. Obat-obat terlarang

Hampir semua jenis obat terlarang bisa menyebabkan impotensi dan penurunan kualitas sperma. Jadi jangan heran kalau banyak mantan pengguna narkoba yang sulit mendapatkan momongan dikemudian hari akibat penggunaan obat-obat terlarang.

  1. Steroid

Banyak pria yang menggunakan streoid untuk memperbesar otot. Hal ini akan menurunkan kualitas sperma , dan dapat menyebabkan peningkatan kolestrol, rambut rontok , dan masalah ginjal.

  1. Alkohol dan Minuman Keras

Minuman keras dapat mengganggu sistem syaraf dan membuat pembuluh darah menyempit sehingga peminum alkohol bisa menderita impotensi.

Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol bisa menurunkan kualitas sperma pada pria.

  1. Terlalu Sering Olahraga

Terlalu sering olahraga dapat berdampak buruk bagi kesehatan karena menyebabkan suhu tubuh meningkat terutama di daerah skrotum, tempat sperma dibentuk. Lingkungan sperma harus berada dalam suhu yang rendah dari suhu tubuh.

  1. Kekurangan Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu unsur yang dibutuhkan tubuh terutama dalam sistem reproduksi pria. Maka dari itu, kekurangan vitamin C bisa berdampak pada kemandulan. Untuk itu selalu konsumsi vitamin C yang cukup.