Obatkuatpria.Id

Obatkuatpria.Id merupakan Portal Digital Fashion, Pendidikan, Teknologi dan Umum Secara Lengkap FREE

Asosiatif adalah: Pengertian, Ciri, Bentuk, Manfaat, Contoh

Definisi asosiatif
Baca cepat Buka

Asosiatif adalah suatu bentuk kerjasama atau interaksi sosial yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang, interaksi ini mengarah pada kontak sosial yang positif dan kesatuan pandangan. Proses ini bersifat konstruktif dan memperkuat atau mempererat hubungan solidaritas antar kelompok masyarakat agar menjadi satu kesatuan yang lebih erat.

Asosiatif-adalah-Pengertian-Ciri-Bentuk-Manfaat-Contoh
Sifat asosiatif

Ciri-ciri berikut bersifat asosiatif:

Ada beberapa bentuk kerjasama
Suatu hubungan yang mengarah pada kesatuan individu satu dengan yang lain
Lebih dari satu orang, jumlah pelaku
Komunikasi antar aktor terjadi melalui hubungan sosial
Memiliki tujuan dan niat yang baik dan jelas
Diimplementasikan melalui model kinerja sosial dengan sistem tertentu

Bentuk asosiatif

Bentuk asosiatif meliputi:

1. Kerjasama

Kerjasama adalah upaya kolektif oleh individu dan kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama muncul karena orang berinteraksi satu sama lain. Dalam kerjasama individu dengan orang lain, mereka saling mendukung dan membantu serta membangun sinergi untuk mencapai tujuan bersama tersebut.

Bentuk kerjasama – Tergantung pada pelaksanaannya adalah sebagai berikut:

Kerukur atau Gotong Royong adalah suatu bentuk kerjasama yang dilakukan secara sukarela dalam rangka melaksanakan kegiatan tertentu yang berhubungan langsung dengan orang-orang yang terlibat dalam Gotong Royong.
Negosiasi adalah kegiatan kesepakatan untuk pertukaran barang atau jasa antara dua atau lebih organisasi
Kooptasi adalah proses menerima elemen baru dalam kepemimpinan dan menerapkan tata kelola organisasi sebagai satu-satunya kiat untuk menghindari konflik yang dapat mengguncang organisasi.
Koalisi adalah gabungan dari dua atau lebih organisasi yang memiliki tujuan yang sama. Koalisi menghasilkan kondisi yang tidak stabil karena kedua organisasi tersebut memiliki struktur masing-masing.
Joint venture adalah bentuk kerjasama dalam perusahaan proyek khusus seperti pengeboran minyak dan perhotelan.

Baca lebih lanjut: Propaganda adalah

Dilihat dari jenis pekerjaannya, kerjasama dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain sebagai berikut …

Kolaborasi spontan adalah kolaborasi langsung
Kerja sama langsung adalah kerja sama yang dilakukan atas dasar perintah atasan atau penguasa.
Kerjasama kontak adalah kerjasama atas dasar perintah tertentu.
Kerja sama tradisional adalah kerja sama sebagai bagian dari unsur-unsur sistem sosial

2. Akomodasi

Akomodasi adalah proses penyesuaian individu atau kelompok orang yang semuanya berkonflik dalam rangka mengatasi ketegangan. Tujuan dari perjanjian ini adalah untuk mencapai keseimbangan antara interaksi sosial dengan norma dan nilai yang ada dalam masyarakat. Ini dapat digunakan untuk menyelesaikan konflik, baik dengan menghormati kepribadian yang berkonflik atau melalui paksaan atau tekanan. Berikut jenis-jenis perumahan antara lain:

Pemaksaan adalah suatu bentuk penyesuaian yang terjadi karena adanya pemaksaan kehendak satu pihak terhadap pihak lain yang lemah dengan cara dikuasai oleh suatu kelompok atas kelompok lainnya. Salah satu contohnya adalah rezim totaliter (pemerintah).
Kompromi adalah suatu bentuk kesepakatan di mana para pihak yang bersengketa membebaskan satu sama lain dari tuntutan mereka untuk mencapai kesepakatan. Sikap dasar dari kompromi adalah bahwa semua pihak siap untuk merasakan dan memahami situasi pihak lain. Misalnya: perjanjian gencatan senjata antara dua negara yang sedang berperang.
Arbitrase adalah bentuk mediasi yang terjadi ketika para pihak yang bersengketa tidak dapat menemukan kompromi sendiri. Oleh karena itu, kelompok ketiga yang tidak memihak (netral) diundang untuk mencari solusi. Yang ketiga berasal dari badan yang berwenang. Contoh: Perselisihan antara pengusaha dan serikat pekerja diselesaikan melalui arbitrase (pihak ketiga yang netral).
Mediasi adalah pihak ketiga yang bertindak sebagai arbiter atau arbiter. Keputusan untuk berdamai tergantung pada pihak-pihak yang berkonflik. Misalnya: mediasi pemerintah Republik Indonesia untuk mendamaikan faksi-faksi yang berseberangan di Kamboja.
Arbitrase adalah upaya mempertemukan keinginan para pihak yang bersengketa untuk mencapai kesepakatan bersama. Arbitrase lebih ringan dan membuka peluang asimilasi. Misalnya, Standing Committee on Labour Issues mengundang perwakilan perusahaan dan karyawan untuk menyelesaikan masalah.

Lihat Juga :

https://www.jpnn.com/news/mengenal-winning-eleven-gim-olahraga-paling-populer
https://www.wartaekonomi.co.id/read349487/bosan-main-game-itu-itu-aja-cobain-nih-mini-militia-god-mod-apk-unlimited-nitro-dan-ammo-2021
https://www.beritasatu.com/nasional/123845/ini-contoh-teks-prosedural-protokol-sederhana-kompleks
https://www.suara.com/bisnis/2021/07/08/092216/pentingnya-mengenal-dan-mempelajari-jenis-teks-prosedur
https://www.tabloidbintang.com/film-tv-musik/kabar/read/161461/keunggulan-dan-kurangnya-wa-web-sebagai-fitur-whatsapp
https://ayobandung.com/read/2021/07/08/250265/tahapan-mudah-penggunaan-wa-web
https://www.solopos.com/pengertian-teks-eksplanasi-adalah-ciri-struktur-kaidah-contoh-1137977
https://www.gamegim.com/
https://majalahkartini.co.id/
https://1news.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/

admin

Kembali ke atas