Obatkuatpria.Id

Obatkuatpria.Id merupakan Portal Digital Fashion, Pendidikan, Teknologi dan Umum Secara Lengkap FREE

Manfaat dan Keutamaan Do’a dalam Islam Yang Paling Mustajab

Keutamaan shalat dalam Islam adalah mustajab – pada kesempatan kali ini Dutadakwah akan berbicara tentang keutamaan shalat. Dalam pembahasan ini beberapa keutamaan shalat dalam Islam dijelaskan sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadist Nabi Muhammad. Uraian ini kami sajikan secara singkat dan rinci. Silakan lihat ikhtisar berikut untuk detail lebih lanjut.

Keutamaan shalat dalam Islam adalah Mustajab

 

Manfaat-dan-Keutamaan-Do'a-dalam-Islam-Yang-Paling-Mustajab

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://www.dutadakwah.co.id/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

 

 

Semua hal baik selalu memiliki banyak keutamaan. Keutamaan ini secara khusus berkaitan dengan ibadah seperti sholat, haji, keutamaan bersedekah, dan berbagai amal kebaikan lainnya. Sebagai Muslim, saat kita menggali lebih dalam tentang kebajikan dan mempelajarinya, kita akan selalu termotivasi untuk melakukan banyak perbuatan baik dalam Islam.

Peredam murka Tuhan

Sholat adalah cara terbaik untuk meredam murka Allah SWT. Karena Allah SWT sangat membenci hamba-Nya yang tidak pernah meminta kepada Allah SWT dan akhirnya membuat geram Allah SWT.

مَنْ اقْتَطَعَ مَالَ امْرِئٍ مُسْلِمٍ بِغَيْرِ َقِيَ لَقِيَ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ وَهُوَ عَلَيْهِ غَضْبَانُ

Rasulullah SAW berkata; “Siapapun yang secara tidak tepat mengambil alih harta seorang Muslim akan bertemu dengan Allah AzzaWaJalla dalam keadaan marah.” (Ahmad Hadits nomor 2084)

Pengantar Allah SWT

Manfaat sholat selanjutnya adalah bukti fungsi beriman kepada Allah SWT. Dan juga untuk lebih mengenal Allah SWT di Rubbubiyah, Uluhiyah dan segala propertinya. Doa yang diucapkan oleh hamba itu kepada tuannya menunjukkan bahwa dia percaya kepada Allah. Percaya bahwa Allah SWT adalah Ghoni atau semuanya sudah cukup, melihat semuanya dan maha mulia. Percaya bahwa Allah Maha Mampu dan Maha Penyayang, maka sangat pantas untuk tidak menyembah orang lain selain.

Tawakal kepada Allah

Doa tersebut juga menunjukkan bukti kemanfaatannya sendiri kepada Allah SWT karena ketika shalat ia meminta pertolongan kepada Allah SWT sehingga pada saat yang sama ia menyampaikan segala masalah dan kesulitan yang timbul hanya untuk Allah SWT dan bukan untuk-Nya.

Menyembah

Terkadang dalam hidup kita sering tidak mempedulikannya apa yang terjadi karena kita merasa terlalu aman atau hidup kaya. Namun yang perlu Anda ketahui adalah apakah shalat merupakan bagian dari ibadah.

قال سمعت النبي صلى الله عليه وسلم يقول الدعاء هو العبادةدة

Aku mendengar Nabi Sallallahu ‘alaihi wa Salam berkata, “Doa adalah ibadah,” lalu dia membaca, “Dan rabbmu berkata,’ Berdoalah padaku, aku pasti akan mengizinkanmu. Sesungguhnya mereka yang bangga akan hal itu adalah aku yang beribadah. , masuk neraka dalam keadaan rendah hati “(Al Mu’min: 60). (Hadits Tirmidzi nomor 3170)

Doa adalah ibadah yang paling mulia

Perlu diketahui bahwa shalat adalah yang termulia di mata Allah SWT dan tidak ada salam yang lebih mulia dari shalat dengan Allah SWT.

عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اللَّهِ تَعَالَى مِنْ الد

Nabi – damai dan doa Allah besertanya – bersabda: “Tidak ada yang lebih mulia di Allah Ta’ala selain doa.” Hadits tirmidzi nomor 3292

َنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ

Artinya: “Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah yang paling bertaqwa di antara kamu.” (Al-Hujurat: 13)

Tolak takdir Allah SWT

Doa juga merupakan hal yang baik karena dapat menolak nasib, yang tidak dapat dilakukan dengan cara apa pun selain doa. Yang dimaksud dengan takdir di sini tergantung pada doa, seperti berdoa agar tidak terjadi bencana dan sebagainya.

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَزِيدُ فِي الْعُمْرِ إِلَّا الْبِرُّ وَلَا يَرُدُّا

Artinya, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,” Ia tidak akan menjadi tua (seseorang) kecuali dengan kebaikan, dan tidak akan mampu menolak takdir selain shalat. (Hadits Ibn Majah nomor 4012)

Hindari bencana

Mengucapkan doa juga berguna dalam menghadapi bencana dalam Islam, karena doa seorang mukmin tidak bisa ditolak. Namun, doa ini bisa ditunda dan diganti dengan sesuatu yang jauh lebih berguna daripada yang dibutuhkan baik di dunia ini maupun di akhirat.

وَأَعْتِزِلُكُمْ وَمَا تَدْعُونَ مِنْ ِِنِ اللَّهِ وَأَدْعُو رَبِّي عَسَىأَ َّلأَا ُكونِ بِدعَاءِ رَبَ

Artinya: “Dan aku akan menjauhkan diri darimu dan apa yang kamu katakan selain Allah, dan aku akan berdoa kepada Tuhanku, semoga aku tidak kecewa saat berdoa kepada Tuhanku.” (Surat Maryam 48)

Meyakinkan

Berdoa kepada Allah SWT adalah salah satu cara untuk menenangkan dan mendalami Islam baik di dunia maupun di akhirat. Saat sholat, suasana hati juga akan terasa lebih tenang karena mengingat Allah SWT.

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَ َلَ بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Allah SWT bersabda: “Yaitu orang yang beriman dan hatinya nyaman ketika mengingat Allah. Ingatlah, hanya bila mengingat Allah bisa ada di hatinya.” (Surat Ar Ra’du: 28)

Hilangkan Keputusasaan

Doa akan seketika menghilangkan perasaan putus asa saat ada masalah. Berdoa dan lebih termotivasi untuk menanggapi mereka secara positif saat dalam pencobaan hidup. Dalam hal kegagalan, kita tidak boleh menyerah karena bahaya keputusasaan dalam Islam berdampak sangat buruk bagi kehidupan. Allah SWT adalah tempat terbaik yang bisa diandalkan oleh setiap hamba untuk bangkit kembali. Dan Allah SWT menjamin dirinya akan mengganti kesalahan yang dialami dengan sesuatu yang jauh lebih baik.

Tunjukkan keagungan Allah SWT

Selain mendoakan keutamaan Islam, shalat juga memiliki fungsi untuk menunjukkan kebesaran Allah SWT kepada setiap hambanya yang lemah. Dengan berdoa, orang menyadari bahwa hanya Allah SWT yang bisa mendatangkan kegembiraan, penerimaan taubat dan juga mengabulkan semua shalat yang dipanjatkan.

Allah SWT berkata:

َّمَّنْ يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وََكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءَ الْأَرْضِ أَإِلَٰة

Atau siapa yang mengizinkan (sholat) seseorang yang berada dalam masalah ketika dia berdoa kepadanya dan yang menghilangkan kesulitan dan menjadikan Anda (secara manusiawi) khalifah di bumi? Apakah ada tuhan lain selain Allah? Sangat sedikit yang Anda ingat (Dia). “(QS. An Naml: 62)

Pelajari rasa malu pada Allah SWT

Doa juga akan mengajari Allah SWT rasa malu kita. Untuk Allah jika SWT doa yang diucapkan. Maka seseorang akan malu untuk menyangkal semua kebaikannya. Bahkan ketika orang sedang berada di puncak keimanan, orang yang rajin puji akan mendekat (taqarrub) untuk mensyukuri segala nikmat yang Allah berikan kepada SWT.
إِنَّا لَنَجِدُ فِي بَعْضِ الْكُتُبِ ْو الْحِكْمَةِ َةِنَّ مِنْهُ سَكِينَةً وَوَقَارًا لِلَّهْ وَمِعْهُ

Artinya, “Sungguh, dalam beberapa buku atau dalam hikmah, kita menemukan bahwa dari rasa malu akan datang kedamaian dan martabat terhadap Allah, dan dari rasa malu itu muncullah kelemahan.” (Hadits muslim nomor 54)

Tingkatkan Taqwa

Doa sangat baik dilakukan untuk meningkatkan amanah dan taqwa kepada Allah SWT. Dalam kehidupan ada jasmani dan rohani, ada doa dan tenaga, artinya doa diucapkan tetapi tidak diikuti tenaga, maka perbuatan itu tidak ada gunanya. Di sisi lain, usaha yang tidak diikuti dengan doa akan kurang diberkati karena keimanan batiniah akan lebih sulit dilihat dan yang terlihat hanyalah ketakwaan.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ ِجِيبُ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُ

Artinya, “Dan jika pelayanku bertanya tentang aku, maka (jawab) bahwa aku dekat. Aku akan memberikan permintaan kepada orang yang berdoa ketika dia memohon padaku, dan kemudian membiarkannya (semua perintahku).” Dan percayalah padaku sehingga mereka akan selalu dalam kebenaran. Surat Al-Baqarah ayat 186
Saya mencari yang baik dan menahan diri untuk tidak menolak bahaya

Doa adalah jalan terbaik agar pintu rahmat bisa terbuka lebar dan Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang selalu memohon. Doa juga berguna untuk sesuatu yang bahkan belum terjadi, jadi itu adalah hal yang sangat baik.

وَمَنْ يَعْمَلْ سُوواا يْظَلِمْ نَفْسَهُ ثُمََّّ للَّهَ يَجِدِ اللَّهَ غَفُورًا رَحِيمً

Artinya: “Dan barangsiapa melakukan kejahatan dan menganiaya dirinya sendiri, dia meminta ampun kepada Allah, dia pasti akan menemukan Allah yang maha pengampun, maha penyayang.” (Surat An-Nisa ‘ayat 110)

Inilah pembuktian keutamaan shalat dalam Islam, Mustajab Maha. Semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu bagi kita semua. Terima kasih.

Lihat Juga: https://www.dutadakwah.co.id/doa-menyembelih-hewan/

admin

Kembali ke atas