Obatkuatpria.Id

Obatkuatpria.Id merupakan Portal Digital Fashion, Pendidikan, Teknologi dan Umum Secara Lengkap FREE

Pengertian Energi Alternatif, Kelebihan, Kekurangan, Manfaat

Definisi energi alternatif

energi-alternatif

Pengertian energi alternatif adalah istilah yang mengacu pada setiap sumber energi yang dapat digunakan yang bertujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional tanpa akibat yang tidak diharapkan. Istilah alternatif mengacu pada teknologi selain teknologi yang digunakan dalam bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi. Teknologi alternatif yang dapat menghasilkan energi dengan mengatasi masalah tersebut juga tidak menimbulkan masalah seperti penggunaan bahan bakar fosil.

Istilah energi alternatif umumnya digunakan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang menyebabkan kerusakan lingkungan akibat emisi karbondioksida yang tinggi dan yang berdasarkan Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim, berkontribusi secara signifikan terhadap pemanasan global.

Energi alternatif diartikan sebagai energi yang digunakan dan bertujuan untuk mengurangi ketergantungan suatu negara terhadap negara penyedia sumber energi utama. Selain untuk mengurangi atau mengganti sumber energi utama, penggunaan energi alternatif juga dapat digunakan untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang semakin menjadi masalah.

Menurut Kamus Oxford, pengertian energi alternatif adalah energi yang digunakan untuk menghentikan penggunaan sumber daya alam atau perusakan lingkungan.

Banyak orang menggunakan energi alternatif ini agar tidak ada ketergantungan dengan energi yang ada. Selain itu, penggunaan energi alternatif juga diupayakan untuk mengurangi ketergantungan suatu negara terhadap negara yang memasok sumber energi penting seperti minyak, karena pasokan minyak semakin lama semakin berkurang.

Jenis energi alternatif ini banyak digunakan di alam, seperti tenaga surya, hidro, angin, dan panas bumi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Manfaat energi alternatif

Manfaat menggunakan energi alternatif meliputi:

  • Energi alternatif ini bisa digunakan terus menerus karena tidak habis.
  • Energi yang dihasilkan tergolong besar, seperti energi termal sinar matahari.
  • Energi alternatif ini tidak mencemari lingkungan karena tidak ada limbah yang dibuang ke lingkungan.

Jenis sumber energi alternatif

Di bawah ini adalah jenis energi alternatif yang disediakan alam, antara lain:

tenaga surya

Matahari ini adalah sumber utama planet bumi, energi yang dihasilkan matahari ini adalah cahaya dan kehangatan. Energi matahari ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang seperti pengeringan, pembuatan garam dan lain-lain. Pemanfaatan sinar matahari juga dapat ditingkatkan dengan menggunakan pengumpul suhu di suatu tempat sehingga dapat dicapai suhu yang lebih tinggi. Selain itu, energi surya ionik juga dapat diubah menjadi energi listrik dengan cara mengubah energi matahari menggunakan sel surya yang tersusun dari rangkaian pelat elemen semikonduktor.

Energi angin

Belanda adalah negara yang dikenal sebagai negara kincir angin. Di Belanda, angin digunakan untuk memompa air irigasi. Energi angin ini juga dapat digunakan untuk menghasilkan listrik dengan turbin angin yang dihubungkan ke generator yang dapat / dapat menghasilkan listrik (turbin angin).

Energi nuklir

Energi nuklir ini merupakan sumber energi yang berasal dari reaksi berantai zat radioaktif dalam sebuah reaktor. Energi yang dihasilkan sangat besar, 1 gram zat radioaktif dapat menghasilkan 50.000 kWh jam. Energi nuklir juga tidak mengeluarkan gas rumah kaca dan tidak menyebabkan pemanasan global. Namun karena banyaknya keuntungan dan kemudahan tersebut maka terdapat resiko yang cukup signifikan bahwa kebocoran radiasi dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan manusia. Radiasi yang terjadi dapat menyebabkan kanker, penyakit keturunan bahkan kematian.

Energi panas bumi

Energi panas ini merupakan energi yang terdapat di dalam bumi, biasanya energi ini dihasilkan karena aktivitas vulkanik. Ada 3 jenis utama sumber panas bumi. termasuk uap alami, air panas, dan batuan kering panas. Penggunaan uang panas bumi telah digunakan untuk menghasilkan listrik, air panas dapat digunakan untuk pemanas, sementara sumber lain sedang dieksplorasi untuk digunakan sebagai energi alternatif yang efisien.

Energi gas alam

Gas alam ini merupakan gas yang diekstraksi dari bawah permukaan dan mengandung segala macam campuran hidrokarbon dengan tekanan tinggi. Setelah diproses, gas alam dapat digunakan untuk memasak seperti Elpiji. Selain itu, gas bumi juga dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor dan mesin pabrik. Gas alam juga dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTG).

Energi biodiesel

Energi biodiesel merupakan energi alternatif yang diperoleh dari lemak nabati atau hewani yang telah dicampur dengan bahan bakar lain atau juga murni dari lemak. Energi biodiesel memiliki sifat ramah lingkungan, dapat diperbarui dan juga menghilangkan emisi gas buang.

Tenaga air tenaga air

Tenaga air adalah energi yang dihasilkan dari tenaga air. Energi ini dibuat dengan membuat bendungan air sungai setelah menggunakan pipa air yang dialirkan ke turbin. Ini terjadi pada pembangkit listrik tenaga air. Pembangkit listrik tenaga air sangat bergantung pada ketersediaan air, sehingga pembangunan pembangkit listrik tenaga air biasanya di waduk atau danau.

Energi biomassa

Biomassa merupakan energi yang berasal dari makhluk hidup seperti tumbuhan, kotoran hewan, dan kotoran manusia. Proses menghasilkan energi ini adalah mengambil kontaminan dengan tangki instalasi biomassa, dan gas yang keluar dari instalasi disebut biogas.

Energi gelombang laut

Gelombang laut ini juga dapat diubah menjadi energi listrik, prinsip operasinya adalah mengumpulkan energi gelombang laut untuk memutar generator turbin.

Energi Biofeul

Biofeul adalah energi yang diperoleh dari bahan nabati seperti minyak bumi, jarak pagar, jagung, dll. Dalam produksi biofuel, minyak nabati direaksikan dengan metanol dan etanol dengan katalis alkali. Hasil dari proses ini dapat / dapat digunakan sebagai bahan bakar yang dikenal dengan biofuel (BBN).

Energi pasang surut

Energi pasang surut ini merupakan energi pasang surut air laut prinsip kerja energi pasang surut yaitu pada saat air laut dengan volume jutaan meter kubik naik ke darat pada saat pasang surut. Ketika bendungan besar dibangun di darat, banjir ditampung di waduk. Sebuah baling-baling dipasang di mulut reservoir yang berputar ke arah air. Biasanya digunakan dalam dua arah rotasi, yaitu saat air pasang dan saat air surut.

Energi piezoelektrik

Piezoelektrik adalah energi alternatif yang dengan adanya tekanan memiliki prinsip kerja dan diubah menjadi listrik. Piezoelektrik adalah sistem yang dapat menghasilkan listrik dengan mengubah energi mekanik.

Sumber :

admin

Kembali ke atas