Obatkuatpria.Id

Obatkuatpria.Id merupakan Portal Digital Fashion, Pendidikan, Teknologi dan Umum Secara Lengkap FREE

10 Makanan Khas Bekasi yang Enak dan Nikmat di Lidah

14 Makanan Khas Bekasi

10 Makanan Khas Bekasi yang Enak dan Nikmat di Lidah

Makanan khas Bekasi saat ini memang sangat banyak dan bervariasi. Bahkan, ada masakan yang hampir punah. Tahukah Anda, dari dulu Suku Betawi yang mendiami wilayah Jakarta, Bekasi dan sekitarnya. Jangan bosan memulai berbagai menu yang masih tersedia hingga saat ini.
Meskipun, ditumbuk dengan beberapa makanan baru dan kontemporer. Makanan khas Bekasi masih bertahan. Namun, kekhawatiran saat ini memang cukup mengkhawatirkan. Sebab, tidak semua toko menjual.

Beberapa diberikan yang disajikan secara khusus pada saat-saat tertentu. Seperti, perayaan Idul Fitri atau syukuran dan perayaan pernikahan. Menu khas dari Bekasi. Masakan khas dari Arab, India, Melayu, Belanda, Portugis, Cina dan Spanyol.

Kuliner di Bekasi ini populer digunakan untuk berbagai acara seperti hajatan pernikahan. Jadi, jika Anda ingin menikmatinya, Anda bisa membuatnya sendiri dari rumah. Cara membuatnya tidak terlalu sulit lho.

Penasaran dengan aneka masakan yang dihidangkan masyarakat Bekasi untuk Anda semua. Mari kita lihat hasil eksplorasi kuliner selama di Bekasi.

1. Dodol Betawi
Makanan Khas Bekasi
foto: https://www.instagram.com/infobekasi/

Makanan khas Bekasi untuk oleh-oleh pertama yang bisa Anda pilih adalah Dodol. Mungkin banyak yang mengira menu yang satu ini berasal dari Garut. Namun, Bekasi juga memproduksinya. Warnanya hitam kecoklatan.

Ada tiga rasa yaitu durian, ketan hitam dan ketan putih. Untuk membuatnya tidak semudah yang dibayangkan. Pertama, siapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Ada gula merah, santan, gula pasir, kelapa tua. Perhatikan kualitas masing-masing bahan.

Sebab, semakin baik bahan yang digunakan, maka dodol akan semakin awet. Selanjutnya, tuangkan santan dan tuangkan beras ketan yang telah ditumbuk dengan tepung.

Kemudian, goreng dalam wajan besar, tunggu hingga mengental lalu aduk selama kurang lebih 8 jam hingga 12 jam. Perhatikan juga api yang digunakan. Jangan terlalu panas dan merokok. Dodol mungkin akan hangus. Langkah terakhir, potong kecil-kecil di bungkusnya.
2. Kue Dangkal
Makanan Khas Bekasi untuk oleh-oleh
foto: https://www.instagram.com/seleramode/

Sajian selanjutnya adalah makanan khas Tambun Bekasi yaitu kue Dongkal. Namun, menu ini sudah sulit ditemukan. Cocok digunakan sebagai menu sarapan pagi ditemani secangkir teh hangat yang nikmat. Bahan utamanya adalah tepung halus, yang berasal dari beras yang ditumbuk.

Setelah halus, kue ini akan diisi dengan tambahan gula aren. Dicetak dan dibentuk seperti kerucut, kerucut segitiga. Langkah selanjutnya, kukus hingga matang.

Bahan lain yang digunakan antara lain, vanili, daun pisang dan kelapa parut. Cara penyajiannya diletakkan di atas lembaran daun pisang. Namun, saat ini banyak penjual kue yang tidak menggunakan alas daun pisang.

Jika diperhatikan lebih dekat, makanan ini lebih mirip putu. Dengan warna putih, di dalamnya terdapat gula aren dan taburan kelapa yang membuatnya manis dan gurih.

Kuliner yang satu ini bisa kamu temukan di jalanan. Anda juga bisa menemukannya di beberapa pasar tradisional.

Harganya juga tidak mahal mulai dari 10 ribu rupiah kamu sudah bisa mencicipi masakan khas Bekasi ini. Jangan lupa untuk mencicipinya, dijamin Anda akan rugi.
3. Pucung Gabus Sayur
Makanan khas daerah Bekasi
foto: https://www.instagram.com/dyah_luvkitchen/

Setiap makanan khas Bekasi memang memiliki cita rasa yang membuat siapa saja mendambakannya. Sayangnya, untuk mendapatkan menu yang satu ini cukup sulit sehingga Anda harus membuatnya sendiri dengan berbagai resep yang sudah tersedia.

Satu-satunya tempat yang menyajikan makanan ini adalah di restoran asli Bekasi atau Anda bisa mengunjungi perkampungan budaya Bekasi. Bahan utama untuk membuat menu yang satu ini adalah kluwek.

Nah, kluwek ini sendiri juga digunakan sebagai bahan untuk membuat rawon. Pilih yang cukup berat, coba dikocok. Ketika Anda mendengar suara yang khas. Jadi, kualitasnya sangat bagus.

Selain itu, ada ikan gabus, bawang putih, bubuk ketumbar, dan garam. Ada juga daun jeruk dan minyak untuk menggoreng. Gabus Pucung yang enak adalah kuahnya yang beraroma.

Apalagi penggunaan bumbunya cukup banyak. Goreng ikan gabusnya sendiri, usahakan benar-benar matang, agar saat dicampur dengan kuahnya bisa meresap sempurna
4. Bir Pletok
Makanan khas kota Bekasi

Salah satu minuman yang wajib kamu coba di sini adalah Bir Pletok. Jika dilihat dari bahan-bahannya. Bukan alkohol yang membuatmu mabuk. Justru minuman ini menyehatkan tubuh dan sangat bermanfaat.

Ada berbagai macam bumbu seperti jahe, kapulaga, jahe, serai, kayu manis, daun jeruk, lada hitam, kayu secang, adas pala dan gula. Semua ini akan diekstraksi.

Kemudian, dimasukkan ke dalam tabung dan dikocok selama 1 menit sampai 2 menit. Suaranya akan terdengar pletak-pletok. Popularitasnya mulai tumbuh pada 1970-an.
Sayangnya, minuman ini hanya tersedia di berbagai

Sumber :

admin

Kembali ke atas