Obatkuatpria.Id

Obatkuatpria.Id merupakan Portal Digital Fashion, Pendidikan, Teknologi dan Umum Secara Lengkap FREE

Pengertian Otak Kiri, Struktur, Fungsi dan Cara Kerjanya

Definisi otak kiri

otak-kiri

Belahan kiri merupakan bagian otak besar yang berada pada posisi sebelah kiri. Belahan kiri juga merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh yang berperan dalam mengontrol seluruh pusat sistem saraf serta struktur sel saraf. Belahan kiri ini bertanggung jawab untuk mengatur beberapa tindakan yang dilakukan oleh tubuh, serta mengatur fungsi berbagai organ.

Struktur otak kiri

Struktur otak kiri ini sangat kompleks dan memiliki jutaan sel sistem saraf pada manusia dan neuron yang bekerja sama untuk melakukan tugasnya. Bentuk ini adalah separuh dari bagian otak besar yang terhubung ke saraf dan juga jaringan di belahan kanan. Kita tentu tahu bahwa definisi jaringan saraf ini terkait dengan bagian penting dari organ lain di dalam tubuh. Memiliki otak kiri yang sehat secara alami meningkatkan kesehatan dan memaksimalkan fungsi berpikir.

Neuron-neuron tersebut terhubung bersama sehingga terlihat seperti rantai yang tidak terputus. Sebuah neuron membawa informasi ke neuron lain dan juga membawa bahan kimia yang disebut neurotransmiter. Ratusan juta neuron saling berhubungan dalam struktur belahan kiri yang bertanggung jawab membawa semua jenis informasi ke otak.

Fungsi otak kiri

Belahan kiri ini memiliki peran yang luas dan sakral dalam aktivitas manusia. Tanpa belahan kiri, manusia juga tidak akan bisa hidup dan berkembang. Berbagai fungsi mengikuti:

kontrol

Saat mengontrol sisi kiri tubuh, semua organ tubuh berada di bawah kendali belahan kiri. Tentunya bila otak kiri rusak, gangguan kesehatan seperti mati atau lumpuhnya saraf di otak kiri adalah akibat dari tubuh.
Jumlah jumlah keterampilan

Belahan kiri ini berperan dalam semua materi atau bidang pembelajaran yang berkaitan dengan suatu perhitungan. Otak belahan kiri dapat menganalisa dan menghitung dengan sangat baik, misalnya saat belajar matematika, fisika, kimia dan ilmu alam. Orang yang menguasai bidang ini adalah orang yang otak kirinya lebih dominan (lebih berperan).

Sebagai pengambil tindakan yang mengandalkan logika dan hubungan

Berperan dalam penilaian, penguatan dan penentuan disiplin, serta berfikir teknis dan tuntas. Otak kiri ini mempengaruhi alam bawah sadar manusia untuk bertindak dan melakukan sesuatu secara sistematis dengan mengandalkan logika dan nalar.

Center for Intelligent Quotients (IQ)

Pusat IQ ini adalah pusat kecerdasan yang mencakup sifat pikiran dalam hal kemampuan bernalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir secara abstrak, dan memahami bahasa. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan kognitif masing-masing individu.

objektivitas

Orang yang menggunakan belahan kiri lebih dominan umumnya memilih alasan untuk yang lainnya, menggunakan logika rasional untuk mengidentifikasi akar penyebab masalah dan kemudian memikirkan bagaimana menyelesaikannya. Intinya adalah bahwa orang tersebut adalah orang yang berorientasi pada detail.

Menulis dan membaca

Kemampuan menulis dan membaca juga merupakan kegiatan atau kegiatan yang membutuhkan pemikiran dan konsentrasi untuk menyusun dan memahami berbagai kata yang nantinya akan dihapal dan menjadi bahan penalaran menurut ilmu atau kepercayaan yang diperoleh sebelumnya. Membaca dan menulis merupakan kecerdasan yang telah ditanamkan sejak masa kanak-kanak yang perkembangannya nantinya akan dialami sesuai dengan kemampuan masing-masing individu. Kemampuan ini dipengaruhi dan dijalankan oleh fungsinya di belahan otak kiri.

Bagaimana otak kiri bekerja

Anda pasti berpikir bagaimana dan bagaimana otak kiri ini bekerja sehingga bisa menghasilkan kecerdasan yang luar biasa dan berbeda-beda untuk setiap orang. Belahan kiri menggunakan memori jangka pendek untuk mengganggu fungsi bicara, bahasa, dan matematika. Jutaan sel di belahan kiri mampu memproses informasi logis, langsung, dan rasional.

Belahan kiri memproses dunia berdasarkan realitas, yang mengarah pada interpretasi abstrak dan simbolik yang mengakibatkan tugas-tugas ini dilaksanakan secara tertib dengan detail dan fakta.

Itulah penjelasan tentang otak kiri, struktur, fungsi, dan fungsinya. Semoga apa yang dipaparkan bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Terima kasih.

Sumber :

admin

Kembali ke atas