Sumber Daya Alam Hayati

Sumber Daya Alam Hayati

Sumber daya alam hayati merupakan bagian dari sumber daya alam yang asalnya dari makhluk hidup. Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam hayati berupa sumber daya hutan dan sumber daya ikan. Selain hutan dan ikan, jasad renik juga termasuk dalam sumber daya alam hayati yang tidak dapat ditinggalkan untuk dibahas.

  1.    Sumber Daya Hutan

Hutan memiliki fungsi yang beraneka ragam. Fungsi hutan antara lain sebagai penghasil berbagai macam kayu, sebagai tempat hidup hewan, mengatur tata air, melindungi kesuburan tanah, mencegah erosi, serta menjaga stabilitas iklim global. Manusia memperoleh banyak manfaat dari hutan, misalnya kayu dari hutan dapat digunakan untuk membuat rumah, berbagai macam perabot rumah tangga, serta berbagai macam infrastruktur. Hutan merupakan salah satu sumber daya alam yang besar manfaatnya bagi kehidupan manusia. Akan tetapi, seiring dengan pertambahan jumlah penduduk serta semakin gencarnya berbagai aktivitas pembangunan, industri, dan perkebunan, maka keberadaan sumber daya hutan menjadi rusak dan terus berkurang luasnya.

  1.    Sumber Daya Ikan

Ketersediaan sumber daya ikan di Indonesia sangat melimpah. Sumber daya ikan yang dimaksudkan dalam hal ini adalah ikan-ikan yang ada di laut atau ikan yang tidak dibudidayakan (dipelihara) oleh manusia. Sumber daya ikan merupakan sumber daya milik umum karena keberadaannya bebas di laut. Artinya, penangkapan ikan dapat dilakukan oleh siapa saja selama izinnya jelas, tidak melintasi batas wilayah negara lain, serta tetap menjaga kelestarian alam. Sektor perikanan menjadi sektor yang penting karena dapat menciptakan banyak lapangan kerja dan menopang perekonomian nasional.

Meskipun keberadaan ikan bebas di laut, diperlukan ilmu yang cukup agar dapat mengelolanya dengan baik. Setiap jenis ikan memiliki karakteristik dan perilaku yang khas serta berbeda-beda satu sama lain. Selain itu, keberadaan ikan juga bersifat dinamis karena selalu bermigrasi (berpindah tempat). Sebagai negara yang kaya akan sumber daya ikan, tentu ilmu tentang perikanan sangat dibutuhkan agar dapat memanfaatkan sumber daya ikan secara optimal dan berkelanjutan.

  1.    Sumber Daya Jasad Renik

Jasad renik merupakan makhluk hidup mikroorganisme yang berperan untuk menguraikan sisa-sisa makhluk hidup. Tanpa adanya jasad renik pasti akan terdapat banyak bangkai dan sampah di permukaan bumi. Sumber daya jasad renik merupakan sumber daya yang perannya sulit untuk diamati dan manfaatnya jarang sekali disadari oleh manusia. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan jasad renik sangat penting bagi kehidupan manusia.


Baca Artikel Lainnya: