Sumber Daya Non-Geologi

Sumber Daya Non-Geologi

Obatkuatpria.Id – Sumber daya non-geologi adalah sumber daya alam yang tidak berasal dari permukaan bumi, baik di dalam maupun di atas permukaan bumi. Contoh sumber daya non-geologi adalah materi penyusun atmosfer dan sinar matahari.

Dalam materi penyusun atmosfer terdapat udara yang dibutuhkan untuk kehidupan, seperti oksigen untuk bernapas manusia dan hewan serta karbon dioksida untuk proses fotosintesis tumbuhan. Di atmosfer juga terdapat angin, tenaga angin ini dapat menghasilkan listrik. Tenaga listrik dapat diperoleh dengan cara menggunakan turbin angin yang dihubungkan dengan generator listrik.

Selain angin, sinar matahari juga merupakan sumber daya non-geologi yang tersedia sangat melimpah. Saat ini banyak dikembangkan berbagai macam teknologi memanfaatkan tenaga sinar matahari. Di seluruh bagian permukaan bumi di mana terdapat sinar matahari yang terik dapat dikembangkan teknologi sumber energi matahari. Salah satu contoh pemanfaatan energi matahari adalah dibangunnya pembangkit listrik tenaga surya di berbagai wilayah yang banyak memperoleh sinar matahari. Pembangkit listrik tenaga surya dapat menjamin ketersediaan listrik dalam skala yang besar.