Obatkuatpria.Id

Obatkuatpria.Id merupakan Portal Digital Fashion, Pendidikan, Teknologi dan Umum Secara Lengkap FREE

Tari Klasik Berasal dari Yogyakarta yaitu Tari Serimpi, Busana, Musik dan Macam Tari

Sejarah tari Serimpi

Salah satu seni tari yang paling terkenal adalah tari Serimpi. Tari Serimpi adalah salah satu tarian yang berasal dari Surakarta dan Yogyakarta.

 

Tari-Klasik-Berasal-dari-Yogyakarta-yaitu-Tari-Serimpi,-Busana,-Musik-dan-Macam-Tari

Tarian ini dianggap sakral karena hanya dilakukan di sekitar istana dan untuk ritual keagamaan hingga peringatan naik takhta Sultan.

Sekitar tahun 1775 Kerajaan Mataram terbagi menjadi dua kesultanan, yaitu Kesultanan Yogyakarta dan Kesultanan Surakarta.

Pembagian kerajaan ternyata turut mempengaruhi tari Serimpi, meskipun pada hakikatnya tari Serimpi tetap sama.

Tarian Serimpi di Kesultanan Yogyakarta terbagi dalam beberapa kategori. Yaitu tari Serimpu Babul Layar, Serimpi Genjung dan Serimpi Dhempel.

Bagi Kesultanan Surakarta, tari Serimpi dibagi menjadi Serimpi Bondan dan Serimpi Anglir Mendung.

Meskipun tarian ini diciptakan sejak lama, namun tarian ini mulai populer di masyarakat pada tahun 1970-an karena sebelumnya dibatasi oleh keberadaan tembok istana.

Tarian Serimpi berisi 4 komposisi yang melambangkan empat unsur dunia dan juga melambangkan empat titik mata angin. Elemen-elemen tersebut antara lain mainan (air), grama (api), tanah (tanah) dan angin (udara). Tari serimpi adalah budaya yang hidup di sekitar Keraton Yogyakarta.

Selain itu tarian ini merupakan kesenian yang dianggap sakral dan juga merupakan pusaka keraton.

Tema yang dihadirkan dalam tari Serimpi menggambarkan konflik antara dua hal yang selalu bertolak belakang satu sama lain. Yakni hal yang baik dan buruk, hal yang salah dan benar serta kesenangan manusia pada manusia.

Pakaian dan musik dalam tarian Serimpi

Pakaian tari serimpi telah berevolusi. Awalnya pakaian itu seperti pakaian para putri dalam gaya keraton yoyakarta dengan dodot dan juga hiasan kepala yang membawa mangkuk mangkuk, kemudian beralih ke seredan, pakaian tanpa lengan, dengan hiasan kepala khusus berjumbai bulu kasuari dan dihiasi busur. dengan bunga ceplok dan boros.

Ciri khas pemain tari ini adalah memakai keris yang terselip di depan dan disilang di sebelah kiri. Keris digunakan dalam tarian ini karena keris merupakan salah satu alat yang digunakan dalam sebuah adegan perang. Selain keris, digunakan juga jembeng.

Jembeng adalah sejenis tiran. Pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono IX, tarian Serimpi dilakukan menggunakan properti Pisyol dengan arah senjata ditembakkan ke bawah. Ini terjadi pada abad ke-19.
Saat penari masuk, lagu “Sabrangan” diiringi. Iringan juga digunakan saat penari keluar. Tidak hanya diiringi chord, tapi juga oleh brass band dan drum yang ketukannya memiliki ciri khas masing-masing.

Jenis Tari Serimpi

1. Tari Serimpi Cina dari Yogyakarta

Tarian Serimpi Tionghoa adalah salah satu dari sekian gaya tarian klasik putri yang berasal dari Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Keunikan dari tarian ini adalah kekhasan pakaian yang dikenakan oleh penari yang sesuai dengan pakaian Tionghoa.

2. Tarian Serimpi Pistol

Tarian pistol Serimpi merupakan tarian putri klasik ala Yogyakarta yang diciptakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VII. Keunikan dari tarian ini adalah senjata digunakan sebagai alat tari.

3. Tari Serimpi Padhelori

Tarian Serimpi Padhelori merupakan tarian ciptaan Sultan Hamengkubuwono VI dan Sultan Hamengku Buwono VII yang masih bergaya tarian klasik wanita ala Yogyakarta. Properti yang digunakan dalam tari Serimpi Padhelori adalah cundrik dan juga senjata.

Cerita yang dikisahkan dalam tarian ini merupakan cerita yang bersumber dari “Menak”. Konon Dewi Sudarawerti berjodoh dengan Dewi Sirtu. Itu juga diucapkan. Lagu pengiring utama yang digunakan dalam tari Padhelori adalah Gendhing Pandhelori.

4. Tarian Serimpi Merak Kasimpir

Tarian ini merupakan tarian putri klasik Yogyakarta ciptaan Sri Sultan Hamengkubuwono VII. Masih dengan khasiat senjata, namun tidak hanya khasiat senjata yang digunakan dalam tarian ini, tetapi juga jempol. Gendhing kesimpir burung merak digunakan sebagai pengiring tarian. Musik terkait juga enak didengar.

5. Tari Serimpi Pramugari

Masih dengan gaya tari klasik wanita Yogyakarta yang diciptakan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VII dengan menggunakan senjata. Perbedaan Tari Serimpi Peacock Kasimpir dengan Serimpi Pramugari terletak pada gendhang yang digunakan. Untuk tarian Serimpi, penari menggunakan pakaian pramugari.

6. Tari Serimpi Renggawati

Serimpi renggawati adalah tali perempuan klasik gaya Yogyakarta yang dibuat oleh Sri Sultan Hamengkubuwono V. Tarian ini biasanya hanya dibawakan oleh 5 orang.

Baca Juga:

admin

Kembali ke atas