Obatkuatpria.Id

Obatkuatpria.Id merupakan Portal Digital Fashion, Pendidikan, Teknologi dan Umum Secara Lengkap FREE

Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh

Pahami teks penjelasannya

teks-eksplanasi

Teks eksplanatori merupakan teks yang memuat proses mengapa dan bagaimana peristiwa alam, ilmiah, sosial, budaya dan lain-lain dapat terjadi. Peristiwa alam dan sosial yang terjadi di sekitar kita selalu memiliki hubungan sebab akibat dan proses.

Peristiwa atau peristiwa yang terjadi di sekitar kita tidak hanya pantas untuk diamati dan dirasakan, tetapi juga untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran. Mengapa kejadian ini bisa terjadi dan bagaimana kejadian atau kejadian seperti itu bisa terjadi?

Tujuan dari teks penjelasan

Setelah anda memahami arti dari teks penjelasan ini, apa tujuan dari teks penjelasan ini? Berikut ini adalah tujuan dari teks penjelasan tersebut, diantaranya sebagai berikut:

  • Jelaskan fenomena yang terjadi
  • Jelaskan sebab dan akibat suatu peristiwa

Fitur teks penjelasan

Mudah untuk membedakan teks penjelasan dari jenis teks lainnya. Karena teks penjelasan ini memiliki sifat yang sangat khusus. Properti tersebut meliputi:

  • Strukturnya terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab dan akibat, dan interpretasi.
  • Informasi yang terkandung berdasarkan fakta (faktual).
  • Faktual mengandung informasi yang bersifat ilmiah, seperti sains.
  • Ini bersifat informatif dan tidak berusaha mempengaruhi pembaca untuk mempercayai apa yang sedang dibahas.
  • Memiliki / menggunakan penanda urutan. Misalnya pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Anda juga bisa menggunakan: first, next, last.
  • Artikel Pendukung: Contoh seperti teks penjelasan sosial dan strukturnya.

Struktur teks penjelasan

Sebagai ciri diataass teks eksplanasi, teks ini memiliki 3 struktur yang membentuk satu kesatuan yang utuh. Struktur teks penjelasan adalah sebagai berikut:

  • Pernyataan umum
    berisi pernyataan umum tentang subjek, yang dijelaskan dalam proses terjadinya / proses keberadaan.
  • Urutan sebab dan akibat
    berisi secara kasar atau kasar penjelasan rinci tentang proses terjadinya yang disajikan secara berurutan atau bertahap dari awal hingga akhir.
  • penafsiran
    berisi tentang atau berkaitan dengan kesimpulan dari topik yang dijelaskan.

Aturan bahasa teks penjelasan

Dalam teks penjelasan ini, biasanya terdapat fitur aturan linguistik, diantaranya sebagai berikut:

  • Fokus pada partisipan umum (generik), bukan partisipan manusia (partisipan non-manusia). Contohnya seperti: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan dan juga udara.
  • Dimungkinkan untuk menggunakan istilah-istilah ilmiah.
  • Lebih banyak menggunakan kata kerja material serta kata kerja relasional (kata kerja aktif).
  • Penggunaan konjungsi waktu serta kausal. Contohnya seperti: pertama, jika, jika, sebelum dan kemudian.
  • Gunakan kalimat pasif.
  • Penjelasan ditulis untuk membenarkan bahwa sesuatu yang dijelaskan secara kausal itu benar.

Contoh teks penjelasan

Berikut adalah contoh teks penjelasan singkat tentang gerhana bulan dan strukturnya.
Judul: Pelangi

1. Pernyataan umum (pembukaan)

Pelangi, dalam bahasa Inggris “pelangi” adalah peristiwa optik atau meteorologi berupa cahaya yang menunjukkan warna berbeda sejajar satu sama lain di langit atau di media lain. Saat hujan deras di langit, terlihat seperti pelangi yang terlihat seperti cahaya dimana cahayanya menuju ke cakrawala. Selain itu, kita juga bisa melihat pelangi yang indah di sekitar air terjun.

2. Baris deskripsi (konten)

Pembentukan pelangi di cakrawala melewati empat siklus. Diantaranya adalah pembiasan sinar matahari. Alasan terbentuknya pelangi terletak pada pembiasan cahaya atau sinar matahari, yang kemudian dibelokkan ke arah yang berbeda dari satu medium ke medium lainnya oleh tetesan air di atmosfer.

Kemudian tetesan air diarahkan oleh matahari. Ketika tetesan air dibiarkan masuk oleh sinar matahari, cahayanya dibiaskan, memungkinkan munculnya warna-warna indah yang terpisah satu sama lain.

Membengkokkan cahayanya. Setiap warna pelangi dibelokkan pada sudut yang berbeda. Sehingga pembengkokan cahaya pada pelangi dapat menciptakan warna yang menakjubkan.

Penciptaan warna pelangi. Ungu adalah warna pertama yang teralihkan sedangkan merah adalah warna terakhir yang teralihkan. Ini diikuti oleh berbagai warna pelangi lainnya. Seperti warna kuning, jingga, hijau, biru dan nila. Karena fenomena ini, kita dapat mengamati warna pelangi penuh akibat geometri optik selama proses penguraian warna.

3. Penutup (interpretasi)

Saat hujan turun ringan seiring dengan munculnya sinar matahari, kita bisa melihat fenomena pelangi. Tapi itu harus dari arah yang berlawanan dari kita. Keberadaan kita harus berada di antara tetesan air dan matahari, dimana matahari berada di belakang kita. Pusat busur pelangi dan mata kita harus berada dalam garis lurus.

Sekian dan terima kasih telah membaca teks penjelasan: definisi, tujuan, ciri, struktur, aturan dan contoh. Semoga apa yang telah dijelaskan di atas bermanfaat bagi Anda.

Sumber :

admin

Kembali ke atas