Obatkuatpria.Id

Obatkuatpria.Id merupakan Portal Digital Fashion, Pendidikan, Teknologi dan Umum Secara Lengkap FREE

Waduk Kedung Ombo: Sejarah, Tiket Masuk, Lokasi

Kota kecil Boyolali memiliki potensi wisata yang besar. Salah satu tempat dengan potensi wisata yang bagus adalah Waduk Kedung Ombo.

Waduk Kedung Ombo: Sejarah, Tiket Masuk, Lokasi

Waduk itu sendiri merupakan danau buatan yang dapat menampung air tawar bersih yang dapat digunakan sebagai sumber irigasi atau proyek pembangkit listrik tenaga air. Keberadaan danau ini rupanya mengajak masyarakat untuk menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Waduk-Kedung-Ombo-Sejarah-Tiket-Masuk-Lokasi

Ya, waduk ini menawarkan panorama alam yang masih sangat alami. Banyak warga yang memanfaatkan area sekitar waduk untuk kegiatan rekreasi dan olahraga.

Inilah yang kemudian menjadi cikal bakal waduk ini yang menjadi tempat wisata populer di Solo Raya.

Sekilas Tentang Waduk Kedung Ombo

Waduk ini merupakan salah satu waduk terbesar di Indonesia dan menyaingi Danau Toba.

FYI, Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia yang terletak di sekitar bukit Sibea Bea di Sumatera Utara. Danau ini sangat indah, terutama pemandangan di sekitarnya.

Proyek pembangunan waduk ini dimulai pada tahun 1985 dan selesai pada tahun 1989. Tujuan utama pembangunannya tidak lain adalah untuk keperluan pembangkit listrik tenaga air.

Untuk memulai proyek ini, Pemprov Jateng harus membanjiri sedikitnya 37 desa di 7 kecamatan dari 3 kabupaten. Lebih dari 5.000 keluarga harus menyerahkan tanah mereka.

Setelah selesai, waduk ini diresmikan pada 14 Januari 1989. Area cakupan aliran adalah 6.576 ha. Kemudian, pada tanggal 18 Mei 1991 diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Presiden Soeharto.
Tiket Masuk Waduk Kedung Ombo

Salah satu daya tarik dari waduk ini adalah biaya masuknya yang sangat murah. Dapatkan pengalaman liburan yang memuaskan dengan tiket murah ini.

Berikut harga tiket terbaru dan biaya sewa perahu di kawasan wisata waduk ini :
Pembalasan Tarif
Tiket masuk weekday Rp 5,000.00/orang
Tiket akhir pekan Rp7.5000.00/orang
Sewa perahu Rp 10.000.00

Tarif ini dapat ditingkatkan sesuai dengan peraturan pemerintah. Harga tiket juga naik saat musim liburan panjang atau pada hari libur nasional. Jadi ada baiknya untuk selalu update informasi mengenai tiket tempat wisata Solo Hits yang akan Anda kunjungi.
Objek wisata Waduk Kedung Ombo

Wisata Waduk Kedung Ombo

Seolah tidak ingin melewatkan Waduk Gajah Mungkur, Waduk ini juga memiliki daya tarik.

Daftar atraksi termasuk situs Dew Bening dan aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di sini. Nah daripada penasaran, yuk simak informasinya di bawah ini.
embun bening

Tempat wisata ini masih tergolong baru. Ini pertama kali ditayangkan sekitar setahun yang lalu, tepatnya pada 17 Januari 2021.

Embun Bening adalah bagian dari Kedung Ombo. Itu terletak di sisi utara waduk. Tempat ini memiliki spot foto unik yang menyerupai balon udara.

Pengunjung juga bisa mencoba aktivitas berkemah di sini. Hanya saja untuk sementara kegiatan camping tidak dibuka untuk umum, hanya untuk acara resmi atau komunitas.

Hal ini ada hubungannya dengan kesiapan sarana & prasarana di bumi perkemahan. Jadi tamu atau rombongan harus memesan terlebih dahulu untuk memastikan semuanya tersedia dan siap.

Mungkin kedepannya akan ada perkemahan khusus seperti yang akan anda temukan di Wisata Waduk Sermo.
Eksplorasi air waduk

Bagi Anda yang tidak takut air, tidak ada salahnya menjelajahi perairan waduk dengan perahu tradisional. Cukup menyewa perahu akan membawa Anda berkeliling di sekitar waduk.

Selama penjelajahan Anda, Anda juga dapat mengunjungi keramba nelayan. Kandang sendiri merupakan tempat penangkaran ikan air tawar, menyerupai kolam ikan, namun mengapung.

Kandang ini terdiri dari gentong besar sebagai pelampung dan papan sebagai penutup. Jaring ikan besar dipasang di bagian bawah laras sebagai tempat berkembang biak ikan air tawar.
ikan sebagai buah

Jika Anda berlibur ke Solo, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli Serabi Solo sebagai oleh-oleh khas Solo untuk dibawa pulang bersama keluarga. Akan berbeda jika Anda berlibur di waduk kebanggaan masyarakat Boyolali ini.

Tidak ada jajanan khas yang wajib dibeli atau oleh-oleh khas Boyolali, melainkan ikan air tawar segar sebagai oleh-oleh.

Ada banyak jenis ikan air tawar yang bisa Anda beli. Mulai dari bawal, nila, lele dan lain sebagainya.

Terkadang ada juga ibu-ibu yang menjual ikan bakar dengan harga murah. Jadi Anda bisa membawa ikan siap saji yang sudah disiapkan di rumah, yang tidak kalah enak dan segarnya dari ikan hidup.
Fasilitas Waduk Kedung Ombo

Kawasan wisata waduk ini memiliki fasilitas yang lengkap. Taman

LIHAT JUGA :

paket liburan keluarga

Rental Mobil Jogja

admin

Kembali ke atas